Hal-Hal Yang Diperlukan Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java




Belajar Bahasa Pemrograman Java tidak akan bisa dilakukan jika anda tidak tahu apa yang harus anda lakukan untuk belajar java,alih-alih belajar yang ada anda di buat pusing karenanya.Disini saya akan membagikan sedikit ilmu bagaimana memulai belajar bahasa pemrograman java. Kenapa saya memilih Bahasa Pemrograman Java ? Anda bisa melihat Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia dan memang java cukup valueable untuk dipelajari. 
Hal yang pertama anda harus lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan untuk belajar Java.Apa Saja ? Berikut ulasannya :


1.JDK Terinstal Di Komputer Anda

JDK(Java Devlopment Kit) tidak hanya digunakan untuk mereka yang ingin belajar java,namun JDK juga sangat penting untuk menjalankan file java misalnya .jar, .class, dll di komputer anda,tanpa JDK program java apapun tidak bisa jalan. Di Dalam JDK terdapat juga JRE. JDK java tidak dapat di instal seperti hal nya aplikasi biasa,ada konfigurasi khusus yang membuat JDK terdeteksi di Sistem Operasi Anda. Bagaimana Menginstal JDK dengan Benar ? anda bisa simak Cara Menginstal Java JDK dengan benar. Saya merekomendasikan JDK dari oracel.com disana sudah dibekali compiler java Netbeans.


2.Compiler Java

Sama seperti bahasa pemrograman lain,Java pun perlu compiler untuk mengbungkus kode java kedalam file .jar atau .class yang siap di jalankan. Sebenarnya tanpa compiler file .java anda bisa di kompilasi dengan menggunakan Command yang tersedia pada JDK. Namun cara itu tidak efektif jika anda mengembangkan aplikasi besar,disinilah compiler diperlukan. Disini saya merekomendasikan Eclipse / Netbeans sebagai compiler yang anda gunakan. Silahkan Download dan Instal compiler yang anda inginkan.



3.Pengetahuan tentang Bahasa Pemrograman Java

Ada banyak sumber pembelajaran java diluar sana. Anda bisa mempelajarinya sesuai yang anda inginkan,bedanya disini saya akan memfokuskan pada skill pemrograman anda dan pemahaman logika,setiap program java disini akan dilengkapi flowchart dan terdapat contoh-contoh program yang akan saya berikan beserta source codenya. Jadi silahkan follow blog ini melalui email anda untuk mengikuti pembelajaran.



Terima Kasih Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

3 komentar

komentar
12 Desember 2016 pukul 08.46 delete

Keren bgt artikelnya
http://pandaivb.blogspot.co.id

Reply
avatar
4 Juli 2017 pukul 19.30 delete

Kalau sudah install JDK, sudah otomatis ada JRE? Atau terpisah installnya boss

Reply
avatar