Tips Mudah Membuat Windows Berjalan Lebih Cepat



Pernahkan anda kesal dengan performa windows yang lamban ?, selain faktor hardware yang tidak memenuhi standar spesifikasi. Ternyata ada beberapa fitur yang bisa di manfaatkan untuk mengurangi kinerja windows yang melambat. Bagi anda pemakai windows yang ingin kecepatan dan tidak memperdulikan tampilan dan animasi windows , Berikut beberapa tips mengurangi windows yang berjalan lamban :

1. Mengurangi fitur animasi dan penampilan windows (Visual Effects)

Salah satu yang membuat windows terasa lamban adalah adanya fitur animasi yang tidak perlu seperti minimize dan mazimaze, movement window, snapping window , dll. untuk kita yang mementingkan kecepatan fitur ini jelas menggangu, secara teoritis fitur ini menambah beban windows saat anda bernavigasi dengannya,tentu berakibat pada konsumsi RAM yang sedikit naik. Untuk meminimalisir atau bahkan mematikan fitur tersebut, berikut caranya :


1.1 Buka System properties > Adavance System Settings



1.2 Setelah Advance System Settings terbuka pilih Advance > Performance > Settings


1.3 Pilih Visual Effects > Custom , lalu silahkan ikuti gambar di bawah . Setting Visual Effects di bawah adalah opsi terbaik yang membuat kinerja windows lebih cepat tanpa mematikan elemen penting seperti animasi controls , font yang halus , dan icon yang terlihat. Anda bisa sesuaikan pengaturan Visual Effects sesuai yang anda inginkan. Namun ingat jangan terlalu banyak anda menceklis pilihan visual effects. Jika sudah selesai klik apply untuk mencoba settings yang anda telah coba atau klik ok untuk merubah settingan.




2. Menambah Virtual Memory

Fitur virtual memori pada windows digunakan untuk membackup alokasi memori RAM fisik, jika RAM fisik tidak dapat menampung alokasi memori program yang sedang berjalan. Sama seperti RAM, semakin besar kapasitas RAM , maka semakin cepat pula kinerja windows. Semakin besar virtual memori artinya semakin bagus. Sejatinya windows dapat mengatur sendiri kapasitas virtual memori, namun tetap saja batas dan kapasitas virtual memori perlu di tingkatkan pengguna, apalagi jika anda mempunyai kapasitas RAM yang minim. Perlu diingat peningkatan kapasitas / ukuran virtual memori tidak terlalu banyak berpengaruh, namun sedikit membantu RAM, karena kecepatan virtual memori sangat jauh dengan RAM. Berikut Cara Menambah Virtual Memory Di Windows :

2.1 Masih di Advance System Settings, Setelah Visual Effect untuk mengakses setting virtual memori pilih Advance disamping Visual Effects, lalu Klik Change...


2.2 Mengatur berapa banyak virtual memori yang di inginkan. Caranya :

  • Uncheck Automarically manage....
  • Selanjutnya klik drive yang anda ingin jadikan tempat file virtual memori disimpan.
  • Pilih Custom Size
  • Masukan Initial Size (Ukuran Awal Terbaca), Untuk mengisi ukurannya pastikan lebih besar 2x dari ukuran/kapasitas RAM Fisik. Misalkan RAM fisik 2GB maka virtual memori sebaiknya 2x2=4GB(4096MB), 1GB=1024MB.
  • Masukan Maximum Size, >= Initial Size , lalu Klik Set , Lalu Klik OK untuk menyimpan.
  • Terakhir silahkan Restart Komputer Anda.




itulah cara mudah membuat windows berjalan lebih cepat. mudah bukan?. Terima kasih , Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

2 komentar

komentar
Anonim
13 Maret 2022 pukul 14.18 delete

Tips Mudah Membuat Windows Berjalan Lebih Cepat - Tech4Hd Information And Technology >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Tips Mudah Membuat Windows Berjalan Lebih Cepat - Tech4Hd Information And Technology >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Tips Mudah Membuat Windows Berjalan Lebih Cepat - Tech4Hd Information And Technology >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Reply
avatar