Keuntungan Dari Penggunaan Cloud Computing



Pengguna cloud computing pasti ingin mencari banyak keuntungan dibandingkan dengan mereka yang belum menggunakan teknologi terbaru ini. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan cloud computing, di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat cloud computing bagi penggunanya : 

1. Pengurangan Biaya Investasi Hardware.


Dengan penggunaan Cloud Computing, pengguna tidak perlu lagi membeli hardware komputer, storage, komputer server dan membeli perangkat lunak lainnya. Hal ini karena Cloud Computing telah menyediakan hal-hal tersebut dan dapat diakses secara online. Menurut studi yang dilakukan Centre for Economics dan Business Research (Cebr) disponsori oleh EMC di Perancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris, menyatakan Cloud Computing menghasilkan penghematan untuk layanan TI lebih dari 763 miliar Euro dalam kurun waktku antara 2010 sampai 2015, sama dengan sekitar 1,57% dari total GDP lima negara bersangkutan secara akumulatif. Dari sisi bisnis Cloud Computing dapat menghemat anggaran seperti : 


  • Perusahaan tidak perlu membeli hardware berupa production server atau jaringan pendukungnya dengan begitu biaya untuk hardware upgrade pun berkurang, begitu juga dengan biaya listrik akan berkurang karena alokasi untuk hardware diatas berkurang.
  • Perushaan tidak perlu membeli software dasar untuk pembangunan aplikasi 
  • IT professional yang dibutuhkan untuk perawatan dan pembangunan sistem berkurang 
  • Tidak ada biaya setup awal untuk platform pembangungan dan penggunaan aplikasi perusahaan 



2. Pengurangan kesulitan merawat infrastruktur IT.




Cloud Computing yang memiliki layanan dasar PaaS( Platform as a Service ), sehingga pengembang tidak akan kesulitan dalam merawat infrastruktur maupun kostumisasi software pendukung, hal-hal tersebut telah dilakukan oleh penyedia layanan Cloud Computing. Akibatnya pengembang bisa fokus pada pengembangan aplikasi saja.

3. Dapat Diakses Dimana Saja 




Cloud Computing berbasis internet sehingga dapat diakses di manapun dengan menggunakan komputer atau notebook orang lain. 

4. Back up dan Recovery Data 




Data yang ada akan disimpan pada server penyedia layanan Cloud Computing secara online dan penyedia layanan Cloud Computing memiliki banyak server untuk menghandle usernya sehingga dimungkinkan untuk melakukan back up pada server yang lain. 

5. Penyimpanan yang Tidak Terbatas 




`Selain telah menyediakan “hardisk” secara online yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data, “hardisk” ini juga dapat diatur kapasitasnya (ditambah atau dikurangi) sesuai dengan kebutuhan kita. Namun untuk menikmati layanan ini harus membayar harga sewa yang lebih tinggi. 

6. Tidak Perlu Khawatirkan Masalah Software 


Sistem Operasi yang berbasis Cloud Computing secara default memberikan beberapa software yang telah memenuhi kebutuhan kita terhadap penggunaan komputer seperti word prosessor, presentation, video, image, PDF, RSS Reader, musik, bahkan system software seperti visual studio pada Microsoft Azure, dan lain-lain. Software yang telah terinstal dapat dipastikan ke asliannya. Untuk update software sendiri telah dilakukan oleh pihak penyedia layanan Cloud Computing sehingga kita hanya menggunakan software tersebut.  

Baca Juga : Kenapa Harus Mirosoft Azure Sebagai Cloud Computing Terpercaya Kamu ?.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

komentar