Microsoft Azure : Kenapa Harus Microsoft Azure ?




Setelah kita tahu dan mengenal Cloud Computing, layanan, tipe deployment, dan manfaat penggunaan Cloud Computing. Telah disinggung dalam pengenalan Cloud Computing bahwa Microsoft tidak hanya memiliki produk seperti Windows, Windows Phone , maupun Xbox series. Microsoft juga mempunyai layanan Cloud Computing terbaik saat ini yaitu Microsoft Azure atau Windows Azure. Di luar sana juga terdapat berbagai layanan Cloud Computing yang tersedia, tetapi kenapa kita harus memilih Microsoft Azure ?. Berikut beberapa alasan mengapa harus memilih Microsoft Azure sebagai layanan Cloud Computing terpercaya kamu :


1.Keamanan 


Sebagai aspek terpenting dari kekhawatiran setiap organisasi atau individu jika ingin memindahkan data sensitif mereka kedalam cloud computing yang terhubung dengan internet yang sifatnya terbuka. Microsoft Azure menempatkan hal keamanan pada prioritas utama , melalui .NET  Access Control Service menyediakan intergrasi identitas penggunanya dan Security Assertion Markup Language (SAML)  yang dipakai aplikasi untuk memberikan otoritas siapa saja yang dapat mengaksesnya. Microsoft membuat framework yang dapat memenuhi pengguna tetang keamanan cloud computing yang mereka inginkan pada Microsoft Azure.



2.Fleksibilitas Dan Skalabilitas


Bagi pengguna Mirosoft Azure , kamu dapat dengan mudah membuat aplikasi yang menjalankan realibilitas untuk 10 sampai 10.000 bahkan 10 juta pengguna aplikasi yang kamu buat tanpa harus susah payah menyesuaikan kode-kode program untuk menangani itu semua. Microsft Azure Storage memiliki keunggulan dalam hal skalabilitas, keamanan, efisiensi performa media penyimpanan yang berjalan pada Cloud.
Kostumisasi yang tak terbatas membuat kamu lebih mudah menentukan layanan Cloud Computing seperti apa yang di inginkan. Kamu dapat menentukan banyak prosessor yang dibutukan oleh aplikasi yang kamu buat, jika aplikasi kamu membutuhkan perumbahan yang dinamis maka kamu hanya perlu merubah pengaturan dasar tentang sumber daya yang dibutuhkan. Penerapan “Pay As You Go/Grow” memberikan kamu kemudahan dalam membawa aplikasi yang dibuat tampil lebih cepat di pasar industri aplikasi dan merespon dengan cepat pergantian kebutuhan pengguna aplikasi yang kamu buat.



3.Hemat Biaya Lewat Pricing Model Yang Elegan


Dalam hal biaya layanan cloud computing, Microsoft Azure adalah salah satu layanan cloud computing dengan model pembiayaan yang elegan dan tidak membuat pengguna merasa terbebani untuk membayar lebih mahal jika fitur / layanan pada Microsoft Azure tidak digunanakan. Dalam manfaat umum cloud computing yang penggunaannya dapat menurunkan biaya hardware dan IT Administrasi hal ini tentu hadir di Microsoft Azure pengurangan biaya untuk perawatan berbagai komponen IT juga berkurang dengan adanya Microsoft Azure. 
Dalam Microsoft Azure model pembiayaan layanan seperti testing, debugging, creating, dan distribution aplikasi dapat berkurang jika dibandingkan dengan layanan cloud computing serupa yang ada di luar sana. Dengan layanan yang lengkap kamu hanya perlu membayar waktu proses dan kapasitas peyimpanan yang anda inginkan pada waktu yang anda inginkan pula. Dengan model “Pay As You Go/Grow” dengan pembiayaan per jam berdasarkan sumber daya yang anda perlukan. Untuk melakukan simulasi kalkulasi biaya pada Microsoft Azure kamu bisa ke Microsoft Azure Pricing Calculator.


4.Virtual Machines Pada Microsoft Azure


Layanan Virtual Machines pada Microsoft Azure merupakan IaaS (Infrastructur as a Service) terbaik saat ini. Dengan dukungan 64 bit arsitektur pada sistem operasi yang akan dijalankan pada Microsoft Virtual Machines, membuat kamu lebih mudah dalam mengembangkan aplikasi yang dibuat di atas Microsft Azure salah satunya adalah dalam hal kompatibilitas yang lebih baik pada berbagai macam sistem dan telah teruji dalam Microsoft Azure Virtual Machines. 
Dengan Microsoft Azure Virtual Manchine kamu tidak perlu mengkhawatirkan hardware, keaslian dari sistem operasi dan aplikasi yang berjalan pada Microsoft Azure Virtual Machines. Hal-hal tersebut telah di atur sedemikian rupa oleh Microsoft Azure sehingga kamu hanya perlu fokus dengan kode untuk aplikasi yang anda buat.



5.Pilihan Pengembangan Aplikasi Tak Terbatas.



Pengembangan aplikasi pada Microsoft Azure tidak terbatas pada teknologi Microsoft. Selain mendukung bahasa pemrograman yang dekat dengan Microsoft Windows seperti C++, Visual Basic , maupun C# , untuk pengembangan Web : ASP.NET, Microsoft SQL Server untuk database masih banyak teknologi diluar Microsoft yang dapat dikembangkan juga melalui Microsoft Azure, namun tetep integrasi dengan teknologi Microsoft seperti system software Microsoft Visual Studio akan lebih memudahkan pengembangan aplikasi anda dalam Microsoft Azure. Microsoft Azure mendukung teknologi diluat Microsoft seperti PHP, Phyton, Node.js, MySQL, Drupal, DotNetLike, Django, CakePHP,Joomla, dan Express. 


6.Microsoft Azure SDK

Microsoft telah melengkapi Microsoft Azure dengan Software Development Kit (SDK), yang mana di dalamnya terdapat Microsoft Azure Environment yang dapat kamu jalankan pada komputer kamu sendiri. Hal ini disebut Microsoft Azure Development Fabric, dan didalamya terdapat Azure Agent dan Storage. Kamu dapat mengerjakan aplikasi yang sedang dikembangkan secara lokal di dalam komputer kamu dan selanjutnya memindahkannya ke dalam Cloud.



7.SQL Azure : Data Center Di Dalam Teknologi Cloud

SQL Azure menyediakan pengorganisasian dengan semua keuntungan untuk kalangan enterprise class data center tanpa menghadirkan kesulitan, kerumitan dan biaya tambahan untuk membangun satu kesatuan data center. Kamu bisa mendapatkan realibility dan availability  pada jutaan kopi data dan otomisasi jika terjadi failover. Tidak perlu ada lagi keraguan tentang membackup data untuk dirimu sendiri.
SQL Azure adalah model database relational yang menyimpan data dengan baik seperti halnya pada Microsoft SQL Server, dan sangat familiar dengan Windows Databases. Bedanya SQL Azure Server lebih fleksibel dibandingkan SQL Server dalam hal migrasi dengan beberapa komputer fisik. Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi Kesamaan dan Perbedaan SQL Server dan SQL Azure.



8.Penyimpanan Yang Simple dan Fleksibel


Dengan menggunakan Microsoft Azure , data dalam media penyimpanan kamu akan di organisasikan dengan baik , kamu dengan mudah dapat mengimpor atau ekspor data berupa Blob(Binary Large Objects) yang merupakan salah satu cara untuk menyimpanan text dan binary tak terstruktur seperti images,video, dan audio ke dalam atau keluar dari penyimpanan Blob. 




9.Satu Hal Untuk Melakukan Banyak Hal


Microsoft Azure dapat menjadi penyedia layanan bagi hosting, ISVs, Sistem intergrasi, dan pengembang aplikasi. Sebagai penyedia hosting Microsoft Azure dapat memperluas layanan mereka kedalam daerah yang tidak memiliki infrastruktur dan menambahkan layanan baru tanpa membebani kembali investasi biaya. ISVs dapat menggunakan Microsoft Azure untuk create, deploy, dan manage aplikasi dan SaaS tanpa pengeluaran modal besar, dan mereka dapat membuat skalablitas aplikasi kamu lebih cepat dan efektif. Sistem intergrasi dapat mengambil keuntugan kemampuan Microsoft  Azure yang sudah ada untuk on-premise infrastruktur. Pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi yang mengatasi keluhan pengguna tanpa harus menambahkan biaya pada lingkungan pengembangan milik sendiri, termasuk biaya hardware dan para pengembang dapat mengirimkan aplikasi yang telah dibuat kepada pengguna sebagai layanan tanpa perlu membuat dan merawat data center yang mahal.



10.Dukungan Penuh Komunitas


Microsoft Azure merupakan produk dan layanan yang dibuat oleh raksaksa teknologi Microsoft, tentu integrasi dengan beberapa produk Microsoft lain seperti Windows, membuat Microsoft Azure sangat populer dikalangan pengembang dan enterprise kelas atas. Dengan kepopuler tersebut kamu tidak perlu khawatir tentang keluhan atau pertanyaan seputat Microsft Azure, di dalam forum-forum diskusi seperti MSDN kamu dapat m
enemukan jawaban,mendapatkan dan membagi pengalaman degan seluruh pengembang terbaik dunia yang menggunakan Microsoft Azure.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

2 komentar

komentar
eka
11 Mei 2018 pukul 14.20 delete

Kenapa biaya hosting di azure lebih mahal ketimbang kita hosting biasa ?

Reply
avatar