Microsoft Azure : Mengenal Cloud Computing





Apa saja produk yang dihasilkan perusahaan teknologi nomor 1 di dunia :  Microsoft ?. Kebanyakan orang hanya tau Microsoft Windows, Microsoft Windows Phone, Microsoft Xbox Series untuk para gamers. Tahukan kamu bahwa Microsoft juga memiliki produk yang tak kalah hebatnya dari produk diatas, bahkan akan menjadi teknologi bisnis masa depan berbasis komputasi awan atau sering di sebut Cloud Computing . Sebelum kita bahas Microsoft Azure , kita akan bahas apa itu Cloud Computing dan layanan yang tersedia di dalamnya.



Apa itu Cloud Computing ? , Cloud Computing adalah bagian pemanfaatan infrastruktur yang tersedia dalam teknologi komputer (komputasi) dan internet. Awan(Cloud) adalah metafora dari internet , sebagai awan yang terdapat pada diagram dibawah ini


Berikut ini adalah definisi lain dari Cloud Computing :

  • Cloud adalah jenis dari paralel dan sistem terdistribusi yang terdiri dari sekumpulan komputer yang terinterkoneksi dan tervirtualisasi yang ditetapkan secara dinamis dan disajikan sebagai satu atau lebih sumber daya komputasi yang menyatu berdasarkan perjanjian tingkat layanan yang didirikan berdasarkan negoisasi antara penyedian layanan dan pelanggan” (R. Buyya, 2008)



  • Cloud computing adalah sebuah model yang memungkinkan kenyamanan, akses jaringan sesuai permintaan untuk beberapa pengguna untuk berbagi pool dari sumberdaya komputasi yang mudah diatur (seperti: jaringan, server, aplikasi dan layanan) yang dapat ditetapkan secara cepat dan diluncurkan dengan usaha manajemen minimal atau interaksi penyedia layanan. Karakteristik penting ini, tiga model layanan dan empat model peluncuran,” (NICT).




Cloud computing secara sederhana adalah “layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet.” Namun tidak semua layanan yang ada di internet bisa dikategorikan sebagai Cloud Computing, ada setidaknya beberapa syarat yang harus dipenuhi: 
  1. Layanan bersifat “On Demand”, pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja, dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Misalkan sebuah layanan menyediakan 10 fitur, user dapat berlangganan 5 fitur saja dan hanya membayar untuk 5 fitur tersebut. 
  2. Layanan bersifat Elastis/Scalable, di mana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut. 
  3. Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyediaan/provider, yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personel/notebook ditambah koneksi internet.
Selanjutnya kita akan membahas tentang 3 Layanan Dasar Cloud Computing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

komentar
Anonim
16 Maret 2016 pukul 06.32 delete

good posting bro... (y) tentang mengenal cloud computing (y)

Reply
avatar