Cara Menghapus File Di Windows Tanpa Melewati Recycle Bin



Menghapus file di perangkat kita adalah hal yang sering dilakukan. Di Windows file yang anda hapus hanya dengan menekan tombol DELETE, secara otomatis akan tersimpan di Recycle Bin. Apa itu Recycle Bin ?, dia adalah tools penyimpanan sementara file terhapus yang bisa mengembalikan file yang telah dihapus ke tempatnya semula. Recycle Bin sangat berguna bagi orang-orang dalam menghapus file. Berbeda dengan orang-orang yang bisa dikatakan 'sedikit advance' dan tidak suka dengan adanya Recycle Bin yang menurut mereka bisa membuat HDD penuh karena tetap menampung file terhapus, lebih baik langsung hapus permanen. Berikut cara menghapus file tanpa melewati Recycle Bin:

Tombol SHIFT+DELETE



Dengan menggunakan tombol kombinasi Shift+Del disetiap anda ingin menghapus file maka secara anda siap untuk kehilangan file anda secara permanen. tentu kehilangan disini memang disengaja hehe. Anda akan tetap melihat dialog pop up konfirmasi untuk menghapus file secara permanen.


Mengubah Konfigurasi Recycle Bin

Cara ini lebih efektif dari cara diatas, anda tidak perlu menekan tombol kombinasi setiap ingin menghapus file secara permanen. berikut langkah mengkonfigurasi Recycle Bin agar menghapus permanen setiap file yang ingin dihapus :


Buka Desktop Home Screen anda, lalu klik kanan pada icon shortcut Recycle Bin.


Konfigurasi dengan memilih pilihan "Don't move files to the Recycle Bin....". Anda juga bisa konfigurasi apakah akan memunculkan dialog konfirmasi pada saat menghapus file (Disarankan untuk di centang).


Selamat (untuk advance user) hehe. Sekarang menghapus file di Windows anda tidak akan melewati Recycle Bin dan file akan hilang secara permanen. Untuk mengembalikan pengaturan seperti semula ubah kembali konfigurasi dan pilih "Custom size".



Peringatan : Cara-cara diatas hanya direkomendasikan untuk user yang memang sudah mengetahui file mana yang benar-benar ingin di hapus secara permanen dan tidak suka dengan Recycle Bin.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment

2 komentar

komentar
7 Desember 2016 pukul 12.48 delete

bagus sangat membantu kebetulan saya menggunakan window 10. Salam prima plastik spesialist map raport , map ijazah , map sertifikat dan cover agenda. Info lengkap di : http://primaplastik.com/map-raport-map-ijazah/ atau di http://mapraport.co.id/

Reply
avatar