Tipe-tipe Penerapan (Deployment) Layanan Cloud Computing






Setelah kita mengenal Cloud Computing dan layanan-layanannya berikut adalah tipe-tipe penerapan (deployment)  layanan Cloud Computing, Tipe-tipe ini terbagi menjadi empat jenis penerapan, yaitu: 

1. Private Cloud 




Infrastruktur layanan cloud hanya di operasi untuk sebuah organisai tertentu. Infrastruktur tersebut bisa saja dikelola oleh si organisasi itu atau oleh pihak ketiga. Hal itu dapat dilakukan dilokasi yang on-site maupun off-site. Umumnya hanya organisasi dengan skala yang besar saja yang mampu memiliki dan mengelola private cloud. 

2. Community Cloud. 




Tipe yang satu ini penggunaan infrastruktur cloudnya digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan tujuan dan kepentingan. Misalkan dari sisi visi misinya,tingkat keamanan yang dibutuhkan,skalabilitas dan hal lainnya. Community cloud ini merupakan “limit development” dari private cloud. Sama dengan private cloud, infrastruktur cloud yang ada bisa dikelola oleh salah satu organisasi ataupun pihak ketiga. 

3. Public Cloud 

Jenis ini digunakan untuk umum oleh penyedia layanan Cloud, layanan-layanan dasar Cloud Computing adalah termasuk Public Cloud, dimana siapapun dapat menikmati layanan Cloud Computing yang tersedia. 

4. Hybrid Cloud 




Untuk tipe ini infrastruktur cloud yang tersedia merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur cloud (private, community, atau public). Meskipun secara entitas mereka tetap berdiri sendiri-sendiri, tapi dihubungkan oleh suatu teknologi/mekanisme yang memungkinkan probabilitas data dan aplikasi antar cloud itu. Contohnya, mekanisme load balancing antarcloud, sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang optimal  

Baca Juga : Keuntungan Dari Penggunaan Cloud Computing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Post Comment